Kisah Mbah Karsiman Yang Hidup Seorang Diri, Tapi Saat Meninggal Dunia Bikin Bahagia Warga Satu Kampung

Kisah Mbah Karsiman Yang Hidup Seorang Diri, Tapi Saat Meninggal Dunia Bikin Bahagia Warga Satu Kampung

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNNES Dr S Martono saat memberikan arahan menyampaikan bahwa pengelolaan Kas yang simpel dan fleksibel merupakan hal yang penting dalam upaya meningkatkan pengelolaan Kas Badan Layanan Umum . Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan Workshop Strategi Peningkatan Kinerja Pengelolaan Kas yang diselenggarakan secara Daring, Rabu (23/8). “Kegiatan ini bertujuan untuk menginformasikan dan menyebarluaskan tentang JRA terbaru UNNES yang merupakan pembaharuan JRA UNNES tahun 2013. Kepala KEJATI Jateng Priyanto SH MH menyampaikan kerjasama antara Institusi ini bertujuan untuk mendukung visi UNNES. Dalam konferensi yang diikuti oleh lebih dari 291 peserta dan 123 presenter itu, paper yang dipresentasikan akan dipublikasikan di jurnal dan prosiding internasional terindek scopus. Dalam kegiatan bertema “Concept and Application of Green Technology” itu, Ketua Panitia Samsudin Anis ST MT PhD menjelaskan, IEC 2020 bertujuan untuk menjadi wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk berbagi hasil penelitian, gagasan, dan konsep dalam bidang green expertise.

Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan kemahiran hukum harus dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan dan mengutamakan kesehatan mahasiswa,” kata Dr Rodiyah didampingi Wakil Dekan Bidang Akademik Prof Dr Martitah. “Secara kelembagaan UNNES merupakan universitas negeri yang terus berupaya menerapkan nilai-nilai dan budaya religius dengan mengedepankan nilai karakter, perdamaian, dan kasih sayang. UNNES kurang lebih terdiri atas 35 ribu mahasiswa dengan mayoritas muslim dan memiliki pendidikan agama dan nilai karakter yang bagus. Hal ini menjadi bukti bahwa UNNES memiliki reputasi sebagai universitas yang menerapkan nilai-nilai agama dan diakui oleh dunia,” terang Profesor Sosiolinguistik.

Menko Airlangga Hartarto juga mendorong kepada civitas akademika UNNES untuk dapat mewujudkan visinya sebagai universitas berwawasan konservasi dan bereputasi internasional dalam kegiatan ekonomi berbasis Sustainability atau ekonomi berkelanjutan. Mahasiswa jurusan psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang Meri Prasetyawati berhasil meraih juara 3 lomba poster tingkat nasional. Selain itu diperlombaan terpisah, Afif Aliyfia Alfian, Naila Khoirina, dan Naftalina Ulik Adhelia juga berhasil meraih juara three dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Hasanudin dengan judul karya tulis SRD melalui daring. “Atas nama Lembaga UNNES, pada kesempatan yang mulia dan bahagia ini, saya mengucapkan Selamat dan Sukses kepada para wisudawan atas keberhasilan Saudara menyelesaikan serangkaian proses akademik di UNNES, Rumah Ilmu Pengembang Peradaban. Selain itu saya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan para orang tua masyarakat, yang diberikan kepada UNNES untuk menjadi tempat pendidikn menyemai ilmu pengetahuan, teknologi, seni dengan memegang teguh etika dan marwah akademik untuk menumbuhkan tunas-tunas kepemimpinan baru,” kata Prof Fathur. Pandemi Covid-19 menjadikan seluruh kegiatan yang melibatkan banyak orang dibatasi, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan.

UNNES juga berupaya meningkatkan keunggulan pada bidang good digital melalui pengembangan kampus dengan literasi digital. Lebih Lanjut Bambang Soesatyo menyampaikan, MPR akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa UNNES untuk magang di MPR. Selain program magang mahasiswa, ketua MPR juga berharap agar Fakultas Hukum UNNES dapat mengawal proses legeslasi Indonesia. “Peran perempuan sangat penting, tidak hanya menjadi Ibu di rumah, namun bisa menjadi IBu bangsa Indonesia. Seperti hari ini Dharma Wanita UNNES memberikan peran di masa pandemi dengan menyelenggarakan Webminar. Untuk itu selamat mengikuti seminar daring DWP semoga bertumbuh makin tangguh,” tutur Prof Fathur.

PMMB merupakan program yang bertujuan untuk memberikan pengayaan wawasan dan keterampilan mahasiswa untuk mempersiapkan dan menciptakan SDM Indonesia Unggul terutama dalam menghadapi persaingan world melalui link and match kurikulum industri dan Perguruan Tinggi. Universitas Negeri Semarang bekerja sama dengan Forum Human Capital Indonesia Kementerian BUMN membuka kesempatan kepada mahasiswa dalam Program Magang Mahasiswa Bersertifikat tahun 2021. Dalam sambutannya, Rektor UNNES, Prof Fathur menyampaikan di masa pandemi covid-19 seperti ini, mahasiswa dituntut tetap produktif, kreatif, dan berprestasi.

Pada kesempatan ini, Rektor UNNES juga menyampaikan peringatan dies natalis ke-56 tahun ini UNNES mengangkat tema “UNNES Gemilang untuk Indonesia Maju”. Di sisi lain, Agung Adi Firdaus mengatakan untuk mengikuti perlombaan ini Tim melakukan persiapan khusus yang dilakukan tim mereka yaitu persiapan mental untuk belajar lebih memahami diri sendiri dan orang lain. Universitas Negeri Semarang menyelenggarakan peringatan Isra Miraj yang mengangkat tema “Hikmah Isra Miraj dalam Membentuk Pribadi Tangguh dan Semangat Keilmuan” dengan pembicara Prof KH Marsudi Syuhud Ketua Pengurus Besar Nahdhatul Ulama yang diselenggarakan secara Daring, Jumat (12/3). Rektor menambahkan, prestasi ini menjadi bukti bahwa mahasiswa UNNES mampu bersaing di tingkat internasional dan menunjukkan bahwa mahasiswa UNNES layak bersaing dengan negara-negara lain. Webinar ini mengangkat tema “Demokrasi dan Patriotisme Negara untuk Dunia Muslim yang Damai” yang diselenggarakan secara Daring akan disiarkan langsung melalui kanal Youtube UNNES pada pukul 15.00 WIB.

Viral live di tik-tok menghitung beras

“Selama lebih dari satu semester, kami telah melakukan kajian terhadap pemikiran, kiprah, karya, dan jasa-jasa beliau dalam bidang dakwah, kebangsaan, dan pemberdayaan umat. Berdasarkan kajian tersebut, Maulana Habib Luthfi bin Yahya adalah sosok yang lebih dari layak untuk menerima gelar Honoris Causa ini,” tegas Rektor UNNES. Memberikan orasi ilmiah bertema “Strategi Pemberdayaan Umat dan Sejarah Kebangsaan”, Habib Luthfi menunjukkan implementasi teknologi dan kebhinekaan sejak dibangunannya Candi Borobudur dan Prambanan.

Selain itu, kegiatan juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mitra kerja tentang perkembangan dunia pendidikan dan tantangannya dalam menghadapi period digital. Selain itu kita juga mempunyai target kegiatan pelatihan Supercamp Training menghasilkan karya tulis dalam bentuk essei yang siap dilombakan dalam ajang kompetisi nasional, serta artikel ilmiah yang akan dipresentasikan dan dipublikasikan dalam konferensi internasional,” jelas Wakil Dekan Bidang three Depo E-money FIS. Beliau juga mengemukakan, Supercamp Training ini merupakan upaya yang dilakukan untuk membantu peningkatan capaian prestasi dan reputasi mahasiswa FIS sehingga dapat lebih meningkatkan reputasi FIS di lingkungan UNNES maupun skala yang lebih luas. Beliau berharap di tengah situasi pandemi covid-19 ini mahasiswa tidak mengurangi produktivitasnya untuk terus meraih prestasi dan berkarya untuk reputasi prestasi UNNES.

Berikut beberapa kompetisi yang telah dijuarai oleh mahasiswa FIP UNNES antara lain Andre Eka mahasiswa Kurikulum dan Teknologi Pendidikan berhasil meraih Juara 1 Lomba Desain Poster yang diadakan Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin . Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang sangat berbahagia karena beberapa mahasiswanhya banyak mendapatkan prestasi. Meskipun pada suasana pandemi Covid 19 tidak menyurutkan niat para mahasiswa FIP untuk meraih prestasi demi prestasi dengan berbagai jenis perlombaan. Menindaklanjuti hal tersebut Wakil rektor bidang Perencanaan dan Kerja Sama UNNES, Dr Hendi Pratama MA menandatangani perjanjian kerja sama dengan Dinas perdagangan koperasi dan UKM Kabupaten Wonosobo tentang penguatan knowledge base UMKM di kabupaten Wonosobo.

Comments are closed.