Ini 6 Tips Mengelola Keuangan Agar Jauh Dari Hutang

Written by Band on June 6, 2020 in Peluang Bisnis Saat Pandemi with no comments.

Buatlah catatan pada setiap akhir bulan atau end of month yang mencakup arus kas masuk dan arus kas keluar untuk berbagai kebutuhan bisnis. Kamu bisa memulai dengan target berjumlah kecil terlebih dahulu, dan nantinya akan diperluas dan diperbesar sesuai perkembangan usaha. Menjadi pemilik sebuah usaha atau bisnis bukanlah perihal yang mudah.

Tips mengatur keuangan

Tips satu ini bisa menjadi cara mengatur keuangan di masa pandemi yang cukup baik. Kamu bisa tetap memenuhi kebutuhan lantaran keuangan kamu stabil. Kamu juga bisa menambah pengalaman dengan melakoni pekerjaan lainnya. Masa seperti ini daya beli masyarakat memang sedikit berkurang, sehingga jika kamu berjualan baik produk atau jasa usahakan yang memiliki peluang menguntungkan. Cara mengelola keuangan untuk masa depan yang bisa kamu lakukan sedari awal, kamu bisa dengan mengelompokkan kebutuhan.

Dan, kencan tersebut tidak perlu di restoran mahal, cukup di restoran tradisional namun romantis. Jangan sampai kamu malah mengorbankan keluarga atau orang terdekat karena berhutang dan tidak memiliki simpanan dana darurat ketika dibutuhkan. Mengetahui cara mengatur keuangan mingguan yang baik juga akan memberikanmu ilmu mengenai dana darurat. Nah, perlu diketahui bahwa dana darurat bersifat wajib di dalam perencanaan keuangan yang tengah kamu lakukan, meskipun hanya sebatas mengatur keuangan mingguan.

Tunjukkan ia caranya menabung dengan celengan, dan ajak menghitung hasilnya setelah celengan dibuka. Ceritakan jerih payah Mama atau Papa dalam bekerja demi mendapatkan uang atau gaji setiap bulannya. Dengan memahami itu, anak mama bisa lebih menghargai uang karena tahu mendapatkannya tidak mudah. kamu bisa mendapatkan berbagai seri obligasi dengan margin kompetitif.

Untuk mencegahnya, jagalah selalu kesehatanmu, perhatikan pola makan, dan nggak jajan sembarangan. Jangan lupa juga untuk rajin olahraga juga agar badan kamu tetap fit. Tidak bisa dipungkiri, kemampuan finansial sebagai seorang mahasiswa akan jauh lebih terbatas dibandingkan saat kamu bekerja nanti.

Comments are closed.