Ideas Cara Mengatur Keuangan Mingguan Paling Mudah Dan Ampuh

Written by Band on June 8, 2020 in Peluang Bisnis Saat Pandemi with no comments.

Nah, apabila masih terdapat uang sisa setelah kamu telah membagi gajimu ke dalam pos-pos maka buatlah bills tracker atau catatan pengeluaran. Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk mencatat keperluan tidak terdugamu. Namun, jika gak bersisa gak masalah, dengan mengelola gaji kecil kamu sudah jadi keren. Kamu harus disiplin dan hindari pengeluaran yang gak perlu agar terlihat seperti yang orang lain lakukan.

Selain lebih sehat, kamu bisa menghemat pengeluaran daripada memilih naik angkot atau ojek, terutama jika tempat yang kamu mau tuju masih terbilang dekat. Kumpulkan semua uang koin yang kamu dapatkan dan masukkan ke celengan. Gak perlu dihitung setiap hari, namun yang penting kamu selalu tambahkan tiap kali ada kesempatan. Anggaplah untuk sekali makan, kamu mengeluarkan uang Rp35 ribu untuk makanan dan Rp15 ribu untuk minuman, jadi totalnya Rp50 ribu untuk sekali makan.

Tips mengatur keuangan

Kalau dilakukan setiap hari selama satu tahun, bayangkan berapa pengeluaran kamu yang seharusnya bisa kamu sisihkan untuk menabung. Pinjaman dana pendidikan dengan persyaratan dan proses pengajuan yang lebih mudah dan fleksibel. Angsuran cicilan yang lebih terjangkau sehingga memudahkan para orang tua melakukan pembayaran dalam jangka waktu yang ditentukan.

“Di anggaran setiap bulan, seharusnya ada alokasi anggaran untuk bulan Ramadan dan Lebaran. Sehingga bila nantinya kita tidak menerima tunjangan hari raya, kita tidak kaget,” ujar Lolita. Sedangkan yang termasuk biaya variable yaitu biaya-biaya yang harus dibayarkan untuk mendapatkan produk yang akan kita pasarkan. Semisal kita menjadi reseller atau agen maka yang dikatakan biaya variable adalah biaya yang kita bayarkan untuk mengambil stok barang.

Selisih dari harga tersebut bisa kamu manfaatkan untuk kebutuhan yang lainnya. Membandingkan harga ini sebenarnya berlaku untuk apapun yang ingin kamu beli, baik smartphone, kosmetik hingga tiket pesawat. Saat ini mungkin kamu masih single dan belum ada tanggungan yang benar benar harus kamu pikirkan.

Hal itu menyadari kita bahwa penting untuk menahan ego demi mengumpulkan pundi-pundi uang yang bermanfaat. Pengendalian ego dalam mengatur keuangan yang sering diremehkan. Sayangnya, masih banyak orang yang belum juga paham dan menyadari pentingnya mengatur keuangan. Nggak semua orang juga bisa mengelola keuangan dengan baik dan rutin, pas nerima gaji banyak, orang malah merasa tergoda untuk membelanjakan semuanya, tanpa mikir dua kali.

Kamu bisa membeli obligasi seri FR mulai dari Rp 1 Juta dan seri INDON mulai dari USD 1.000. Dengan digibank by DBS, investasi obligasi kini bisa kamu lakukan dengan mudah dan nyaman. Obligasi biasanya diterbitkan oleh pihak tertentu baik perseorangan, korporasi atau pemerintah dengan imbal janji pengembalian sejumlah utang pokok ditambah bunga hasil pengembangan usaha. Investasi obligasi menyasar tujuan finansial jangka menengah dan jangka panjang karena jatuh tempo pengembalian modal yang cukup panjang dimulai dari 1 tahun hingga 10 tahun. Semakin lama jatuh tempo yang dijanjikan, besarnya uang yang dikembalikan akan lebih besar pula. Salah satu instrumen investasi yang memberi pengembangan dana di atas suku bunga Bank Indonesia adalah obligasi.

Terlebih jika situasi keuangan keluarga memang tak stabil hanya dengan satu gaji. Faktanya, memang penting untuk memiliki penghasilan sampingan agar pendapatanmu tak hanya berasal dari satu sumber. Ilustrasi uang (Unsplash/@belart84)Jika kamu saat ini terlilit utang, maka lunasilah utang-piutang dimulai dari utang dengan bunga yang tertinggi terlebih dahulu. Lebih cepat utang beres, maka lebih cepat juga kamu bisa menabung untuk hal lainnya.

Jika kamu sudah menikah namun belum memiliki anak, dana darurat yang kamu butuhkan minimal sembilan kali dari pengeluaran bulanan. Apabila kamu telah memiliki anak, minimal kamu memliki dana darurat sebanyak dua belas kali dari pengeluaran bulanan. Salah satu kunci utama dari mengatur uang, adalah mampu membatasi diri sendiri. Di awal bulan setelah menerima gaji, ada baiknya Anda membagi jatah untuk menabung, investasi, dan berbelanja. Usahakan untuk tidak menghabiskan jatah belanja di awal bulan, walaupun ada diskon besar di depan mata. Tahan hawa napsu berbelanja, dan pikir lagi apakah Anda memang benar-benar membutuhkan barang tersebut.

Bahkan, dengan duduk-duduk atau tidur pun kamu bisa mendapatkan penghasilan. Nggak ada yang nggak mungkin, kamu pun bisa mendapatkan monetary freedom versi kamu dengan melakukan investasi atau membangun sebuah bisnis usaha. Nah, di toples kedua ini sisihkanlah 10% dari penghasilanmu untuk berinvestasi atau seenggaknya kamu tabung dulu dan jangan gunakan untuk keperluan apa pun di luar investasi atau modal bisnis. Hal yang paling penting dalam sebuah proses menjadi dewasa bisa dilihat dari seberapa pintarnya kamu mengatur keuanganmu sendiri. Wajar aja kalau kamu masih bolak-balik minta uang tambahan dari orang tua di akhir bulan atau sampai rela ngutang ke teman-temanmu. Tapi, mulailah biasakan menabung agar hal tersebut nggak terjadi.

Comments are closed.