Cara Mengatur Keuangan Ala Mahasiswa Yang Perlu Kamu Ketahui

Written by Band on June 6, 2020 in Peluang Bisnis Saat Pandemi with no comments.

Kalau tidak menyiapkan tabungan hari tua selagi muda, masa tua bisa jadi akan terbebani karena kamu tidak cukup bekal untuk hari tua nanti. Tetapi pada kondisi tertentu Parent Pinters mungkin saja membutuhkan dana pinjaman yang cepat dan besar jumlahnya untuk digunakan sebagai pembiayaan pendidikan anak-anak yang mendesak. Beberapa strategi pengaturan keuangan di atas bisa dipadukan pelaksanaannya sehingga akan didapatkan kondisi keuangan yang lebih baik.

50 persen pendapatan untuk kebutuhan utama, 30 persen untuk keperluan tidak mendesak, dan 20 persen itu untuk tabungan. Beban keuangan pun akan semakin berat karena kamu tidak memiliki dana cadangan untuk menanggungnya. Intinya, gunakan kartu kredit buat hal-hal yang benar-benar dibutuhkan kalau pengin jadi orang kaya.

Meskipun kamu sudah membuat perencanaan anggaran diawal bulan, tetap saja berbelanja keinginan pribadi tidak bisa dilakukan secara berlebihan, jika kamu tidak ingin bersedih di tanggal tua. Untuk pemula, jenis instrumen investasi paling aman yang bisa kamu jadikan pilihan yaitu investasi emas. Hal tersebut dikarenakan nilai emas yang cenderung stabil membuat jenis investasi satu ini memiliki risiko yang paling rendah dibandingkan jenis investasi lainnya.

Tips mengatur keuangan

Biasakan untuk teratur melakukannya di awal bulan, setidaknya di tanggal 10 setiap bulan. Hal ini akan membantu Anda menjadi lebih teratur dan terhindar dari biaya denda. Saat akan mulai mengelola uang, tentunya Anda harus memulainya dengan kunci sukses mengatur keuangan keluarga. Biarkan setiap anggota, bahkan anak sekalipun untuk turut mengambil peran.

Dengan bisa membaca laporan keuangan, maka pemilik bisnis bisa mengetahui arti yang ada dalam laporan keuangannya. Dana darurat adalah dana yang dipersiapkan untuk kejadian-kejadian darurat yang menimpa ketika berbisnis. Keberadaan dana darurat ini penting agar bisnis bisa tetap berjalan meski kondisi di luar sedang kurang baik. Terutama untuk keperluan yang tidak berulang atau jarang, menyewa barang atau alat tentunya dapat menekan biaya pengeluaran. Menyewa barang juga akan menghindarkan dari biaya perawatan alat bila harus membeli. Hal ini sejalan dengan menjaga agar tetap hemat demi kesehatan keuangan bisnis.

Carilah solusi agar pembengkakan biaya tidak terjadi lagi di bulan berikutnya. Simak ulasan suggestions dan cara jitu bagaimana mengatur keuangan keluarga dengan trik sederhana sekaligus cerdas yang bisa kamu lakukan. Mengatur keuangan bisa membuat kegiatan bisnis terhindar dari masalah keuangan yang berujung pada kerugian dan kebangkrutan. Sebagai pelaku bisnis, penting sekali untuk tahu cara mengatur keuangan yang baik. Beberapa cara di atas bisa dipraktekkan untuk membuat keuangan bisnis tetap sehat.

Misalnya pos pertama untuk belanja bulanan, pos kedua untuk ongkos bekerja, dan lain-lain. Jangan lupa sisihkan untuk menabung seminim-minimnya 20% dari gaji. Ernest menambahkan wabah corona mengajarkan pentingnya untuk memiliki dana darurat, jaringan aman. Dengan membuat anggaran akan membantu dalam menentukan pos keuangan mana yang menjadi prioritas. Jika kebutuhan utama telah terpenuhi, maka Anda bisa mengeluarkan uang untuk berbelanja. Usahakan agar ketiga kebutuhan ini tidak melampaui 30 persen total pengeluaran bulanan.

Comments are closed.