7+ Peluang Bisnis Setelah Pandemi Corona Yang Bisa Anda Coba

Written by Band on May 10, 2020 in Peluang Bisnis Saat Pandemi with no comments.

Soalnya bukan sekadar berapa defisit anggaran harus naik, namun apakah ia memiliki dampak kepada pertumbuhan ekonomi. Saya melihat bahwa permasalahan ekonomi Indonesia di dalam jangka pendek adalah lemahnya permintaan. Dalam kondisi permintaan yang lemah, penurunan bunga tak akan berdampak banyak untuk mendorong produksi, karena –seperti saya singgung di atas – untuk apa menambah investasi jika permintaan tak ada. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendorong permintaan.

Jika Anda memiliki terlalu banyak slide, maka Anda merasa dipaksa untuk menjelasakan semua slide yang ada. Ketika mahasiswa berada dalam sebuah kelompok dengan sebuah tujuan tertentu, maka mereka akan lebih terlibat aktif dalam menemukan solusi. Dan, lebih termotivasi untuk memahami bagaimana solusi itu cocok dengan materi kelas, serta mendapat inspirasi ide-ide dari kelompok lain. Kemudian, tetapkan beberapa orang yang dapat terdiri dari dua atau tiga orang masuk ke dalam satu kelompok. Beri mereka media untuk berkomunikasi satu sama lain, misalnya melalui breakout room di video konferensi Zoom. Dan, beri mereka waktu tertentu untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

Anda bisa menawarkan jasa pengembangan internet dan penyediaan kontennya untuk mendapat uang tambahan. Jika Anda mahir berbahasa Inggris atau bahasa internasional lainnya, pakai kemampuan tersebut untuk mengajar orang lain. Anda dapat mengajar bahasa inggris by way of online untuk beberapa siswa dari berbagai negara. Inilah yang menjadi alasan mengapa bisnis online mampu memberikan keuntungan.

Cukup siapkan mikrofon, laptop, dan perangkat lunak perekaman gratis untuk membuat podcast. Anda tidak perlu membuat podcast setiap hari, cukup seminggu sekali dengan durasi yang tak terlalu panjang. Anda dapat menggunakan podcast untuk menarik sponsor komersial atau mengiklankan produk sendiri. Layanan pengembangan net dan konten sangat mungkin dilakukan pada masa pandemi seperti ini.

Selama melakukan pembelajaran di rumah, terdapat banyak sekali ‘gangguan’ yang mengganggu proses pembelajaran. Godaan untuk menonton video, mengakses media sosial, hingga membaca-baca konten berita. Prediksi yang menyebutkan bahwa kita akan menjadi masyarakat digital sudah di depan mata, dipercepat dengan kehadiran virus Corona. Smartphone, personal laptop, console, maupun virtual actuality menjadi alat dan jembatan dunia faktual ke dunia digital. Alat ini pula yang memiliki pengaruh besar akan terbentuknya budaya baru yaitu budaya virtual.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan untuk mempertahankan produktivitas bisnis di tengah maraknya wabah virus Corona. Ada banyak penyesuaian yang perlu dilakukan masyarakat dalam menjalani WFH. Di mana kedisiplinan menjadi nilai penting untuk menilai WFH yang lebih produktif. Sementara, ada sejumlah masyarakat yang berpikir bahwa WFH membuat pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih santai. Padahal tidak demikian, sebab tetap melakukan kebiasaan bangun pagi dan bersiap diri layaknya bekerja di kantor. Namun, bagi perempuan WFH lebih melelahkan karena harus mengurus pekerjaan kantor, anak dan juga pekerjaan rumah.

Bisnis mahasiswa saat corona

Ini menunjukkan bahwa para pemilik usaha harus fokus mengatur kerja tim jarak jauh dari awal. Gunakan aplikasi kolaborasi tim seperti Trello, Slack, Microsoft Teams, dan Skype untuk komunikasi. Merebaknya Covid-19 telah mengubah cara berbisnis sehingga semua harus dijalankan sesuai dengan kenormalan baru.

Comments are closed.