5 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi Di Period New Normal

Written by Band on June 7, 2020 in Peluang Bisnis Saat Pandemi with no comments.

Fungsi dana darurat akan sangat terasa ketika jika sumber penghasilan utama benar-benar hilang, apalagi di period pandemi virus Corona atau COVID-19. Nah cara menghitung dana darurat bisa dengan three, 6, atau 12 kali dari jumlah gaji bulanan kamu. Inilah mengapa mengelompokkan kebutuhan yang paling penting hingga yang tidak begitu perlu wajib dilakukan.

Tips mengatur keuangan

Alangkah lebih baik apabila uang hasil laba usaha yang diraih untuk mengembangkan usaha menjadi lebih besar. Misalnya saja dengan membeli produk-produk baru untuk dijual kembali. Padahal, ini sangat penting untuk mengukur sejauh mana bisnis Anda dapat berjalan dengan baik. Pada saat menghitung keuntungan ini, pastikan semua biayanya sudah dihitung. Dengan demikian, manajemen keuangan akan lebih mudah dikontrol dan digunakan untuk keperluan penting di kemudian hari dan untuk mengembangkan usaha.

Anggaran harus dibentuk berdasarkan kemampuan dan kebutuhan kamu. Hal yang perlu kamu lakukan sebelum berbelanja adalah menyusun anggaran, mencatat daftar belanja dan mengajak teman untuk belanja. Jika kamu penasaran mengenai proses pembuatan tahu, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Tak perlu khawatir karena langkah-langkahnya cukup mudah diikuti. Metta mengatakan, penting untuk mengetahui batasan belanja sesuai bujet yang dimiliki. Setelah berhasil menyisihkan dana belanja, Metta merekomendasikan untuk memisahkan dana belanja tersebut di satu tempat khusus.

Untuk saat ini, kami hanya dapat melayani jenis utang kartu kredit/KTA di bank konvensional dengan whole minimal 10 juta rupiah, dan/atau KPR/KMG jaminan rumah. Konsultan kami hanya akan menghubungi Anda jika utang Anda memenuhi syarat tersebut. Dilansir dari CNBC International, perencana keuangan Josh Monroe memberikan ideas-tips terbaik mengatur keuangan rumah tangga agar sesuai tempatnya dan tidak menjadi boros. Masalah keuangan terkadang berasal dari pendapatan yang tidak mencukupi dibandingkan dengan masalah pengeluaran. Semakin banyak pendapatan cenderung memberikan stabilitas keuangan yang lebih, terutama jika Anda lajang atau Anda adalah rumah tangga berpenghasilan tunggal. Untuk memulai, tuliskan penghasilan dan semua pengeluaran, lalu kurangi pengeluaran dari pendapatan untuk menentukan pengeluaran yang kurang penting.

Jika Anda memiliki tabungan investasi, maka tabungan tersebut juga bisa dijadikan dana darurat. Biaya yang disisihkan untuk dana darurat ini idealnya adalah 6 kali dari total pengeluaran setiap bulannya, khusus bagi Anda yang belum berkeluarga. Namun jika Anda sudah berkeluarga Anda bisa menyisihkan sekitar 9 kali dari total pengeluaran.

Uang hasil menyewakan kamar tersebut bisa membantu Anda membayar cicilan menjadi lebih murah dan merupakan cara berinvestasi yang baik. Dengan cara seperti ini, Anda dapat mencicil rumah dan menyisihkan sebagian uang untuk investasi lainnya seperti tabungan dan dana darurat. Hal yang sebaiknya dilakukan adalah menyisihkan terlebih dahulu alokasi dana untuk membayar tagihan seperti listrik dan telepon. Selain itu untuk menabung dengan cara yang baik, sisihkan gaji Anda untuk tabungan sebelum memiliki pengeluaran.

Investasi yang umum misalnya investasi saham, properti, emas, foreign exchange atau yang lainnya. Tahukah Parent Pinters bahwa untuk mendatangkan uang yang lebih besar tak harus selamanya mengikuti logika-logika manusiawi. Mengganti bisnis yang dimiliki saat ini dengan bisnis baru yang dinilai lebih potensial. Kebutuhan yang terkadang lebih besar dibandingkan pemasukan membuat trik pengelolaan keuangan perlu dilakukan dengan cara-cara kreatif dan inovatif. Suami dan istri perlu sepakat membuat pola pengaturan keuangan yang produktif. Misalnya, kamu bisa menjadi reseller dengan sistem dropship, sehingga tidak perlu menyetok barang.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatur keuangan untuk bisnis sehingga arus keuangan tetap sehat. Tidak ada siapapun di dunia ini yang menginginkan bisnisnya rugi. Untuk mencegah agar bisnisnya mengalami kerugian, perlu sekali mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan yang baik. Di artikel ini akan dibahas manfaat mengatur keuangan untuk bisnis bagaimana cara terbaik untuk mengatur keuangan agar bisnisnya tidak rugi.

Bila kamu memiliki anggaran persentase menabung yang besar setiap bulannya, hal itu cukup baik. Jika tidak, minimal uang kembalian tersebutlah yang kamu simpan dan tabung untuk digunakan sewaktu-waktu. Cara mengatur keuangan rumah tangga akan sangat menentukan kondisi perekonomian rumah tangga sebuah keluarga dalam jangka panjang. Tidak cukup memang mengandalkan gaji bulanan saja jika pengeluaranmu banyak. Kamu bisa mencoba memulai usaha dengan minim modal atau bahkan yang tidak memerlukan modal sama sekali.

Kedua hal ini saling berhubungan di mana satu dengan yang lainnya akan saling mendukung sehingga kondisi keuangan bisa stabil dan kokoh. Sebuah perencanaan keuangan tentu saja tidak akan bisa dipisahkan dari tujuan keuangan. Apa pun yang menjadi tujuan keuangan, inilah yang akan menjadi “arah” perencanaan keuangan yang dilakukan. Sebab, kita tidak tahu kapan dan di mana kita atau keluarga kita jatuh sakit. Dengan jaringan pelayanan yang luas, di mana pun kita sakit, kita akan mendapatkan pelayanan perawatan yang sesuai. Mulailah bersikap terbuka mengenai masalah finansial dalam keluarga.

Comments are closed.