5 Alasan Kenapa Harus Mulai Wirausaha Saat Masih Kuliah

Written by Band on June 3, 2020 in Peluang Bisnis Saat Pandemi with no comments.

Itulah 6 jurusan di perkuliahan yang sangat direkomendasikan jika memang seseorang ingin menjadi seorang pengusaha. Silahkan memilih sebuah jurusan yang memang paling sesuai dengan passion serta kemampuan sehingga nantinya bisnis dapat berkembang dengan lebih baik. Demikian sekilas tentang sukses menjadi mahasiswa pengusaha semoga bermanfaat dan tetap semangat. Temukan pelanggan melalui semua komunitas yang ada di kampus Anda dan jangan takut untuk membagi souvenit atau merchandise secara gratis. Pola pikir seorang mahasiswa yang sehabis lulus kuliah akan mencari kerja, segeralah dibuang jauh-jauh.

Kamu bisa berjualan pulsa, makanan ringan, pakaian, membuka jasa print, ataupun berbisnis on-line. Selain mendirikan sendiri perusahaan setelah lulus kuliah, lulusan kewirausahaan juga memiliki banyak peluang kerja. Dengan kemampuan yang baik di bidang bisnis, manajerial dan keuangan, tentu ada banyak pekerjaan yang bisa ditekuni lulusan ini. Di Indonesia sendiri sekarang sudah mulai banyak universitas yang berinvestasi dalam program entrepreneur baik melalui kurus, program inkubator kampus atau juga beasiswa inovasi.

Lebih lanjut dia berharap, pemerintah dapat membuat kebijakan yang mendukung pelaku usaha di bidang transportasi. Selesai Sekolah Menengah Atas , Bahlil melanjutkan pendidikannya di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura, Papua. Saat masih berstatus sebagai mahasiswa ini, Bahlil aktif dan bergabung dengan organisasi Himpunan Mahasiswa Islam . Menurutnya, reformasi birokrasi LIPI merupakan kunci untuk meningkatkan kinerja lembaga penelitian dan ilmu pengetahuan.

Mahasiswa juga bisa menjadi pengusaha

Berwirausaha merupakan langkah konktrit dalam menjawab tatantanga hidup dengan kegiatan yang bersifat produkstif, baik untuk melayani pekerjaan ataupun melayani jasa. Pada tahap kedua, untuk mendapatkan dukungan permodalan dalam rangka pendirian usaha baru (enterprise start-up) mahasiswa harus menyusun rencana bisnis yang layak. Kelayakan rencana bisnis ditentukan oleh tim seleksi yang dapat terdiri dari panitia atau dosen reviewer PMW Perguruan Tinggi, dan atau mitra Perguruan Tinggi. Membangun jejaring bisnis antar pelaku bisnis, khususnya antara wirausaha pemula dan pengusaha yang sudah mapan.

Sebab, tidak semua hal yang kamu rencanakan bisa berjalan lancar sesuai keinginan. Selain itu, kamu harus menyesuaikan bisnismu dengan price range yang dimiliki. Jika ingin berbisnis waralaba, maka bisa menyesuaikannya dengan harga yang telah ditentukan. Bisnis yang kamu tekuni pun tidak harus sesuai dengan bidang yang disukai. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui apa yang harus dilakukan jika mengalami kendala. Membangun kedekatan dengan calon konsumen, terutama jika usaha kamu masih baru.

Sampai saat ini masih terdapat beberapa proposal dalam proses seleksi untuk mendapatkan bantuan selanjutnya. Tantangan senada juga disampaikan Gita Wirya Sanjaya, narasumber dalam seminar tersebut. Ia mengatakan pemerintah telah menggagas program Gerakan Kewirausahaan Nasional untuk meningkatkan jumlah wirausaha menjadi 2% dari jumlah saat ini yang baru 1,65%. Pemerintah siap mengucurkan dana usaha dengan seed capital hingga Rp.25 juta untuk setiap jenis usaha. BANDARLAMPUNG – Dibutuhkan langkah kongkret untuk mewujudkan perubahan Indonesia yang lebih baik.

Comments are closed.